RSS

kekerasan terhadap anak karena kemiskinan

07 Jan

Kekerasan terhadap anak menjadi peristiwa yang selalu berulang. Baru-baru ini di depan perbelanjaan Ramayana, Depok  seorang anak yang mengaku bernama Nanda (6 th) ditinggalkan orang tuanya  dalam keadaan tidak terawat dan ada luka-luka kekerasan.

 

Kekerasan terhadap anak terjadi dalam bentuk kekerasan fisik, seksual, emosional, dan pengabaian terhadap hak anak.  Timbulnya berbagai kekerasan terhadap anak yang dilakukan oleh orang tuanya sendiri menjadi bukti rapuhnya peran keluarga dan masyarakat.

 

Perlakuan buruk sampai dengan kekerasan fisik yang menimpa anak, umumnya berlatar belakang kemiskinan. Kemiskinan menjadi sumber utama kekerasan terhadap anak yang dilakukan orangtua, paman, bibi, kakak, bahkan nenek dan kakek yang seharusnya menjadi pelindung mereka.

 

Menurut data Komnas Perlindungan Anak sebanyak 70 persen kekerasan terhadap anak dilakukan oleh perempuan, seperti ibu kandung, ibu angkat, ibu tiri, ibu guru, nenek, dan tante. Para pelaku ini umumnya sering mendapat kekerasan dari kaum lelaki, terutama suami atau ayah mereka.

 

Kemarahan atas kenakalan anak biasanya memicu emosi orang tua untuk memukul atau melakukan kekerasan fisik lainnya. Suara tangisan anak biasanya membuat ketidaksabaran orang tua makin bertambah, bukannya menghentikan pukulan tetapi malah menambah dengan tindakan kekerasan lainnya.

 

Anak yang sudah mengalami luka fisik, batinnya pun akan mengalami trauma. Rasa benci yang tersimpan dan terbangun sejak kecil membuat anak meniru kekerasan dan bertingkah laku agresif dengan cara memukul dan membentak bila timbul rasa kesal di dalam dirinya. Lebih jauh lagi, anak akan selalu cemas, mimpi buruk, bermasalah di sekolah, dan depresi.

 

Jangan sampai keluarga yang seharusnya menjadi tempat yang paling aman dan nyaman, berubah menjadi sarang kekerasan dan kebencian

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Januari 7, 2014 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: